Berita

[CEK FAKTA] Presiden Jokowi Pulang Kampung saat Larangan Mudik Lebaran 2021

Minggu, 09 Mei 2021 - 21:04
[CEK FAKTA] Presiden Jokowi Pulang Kampung saat Larangan Mudik Lebaran 2021 Video menunjukkan rombongan Presiden Jokowi pulang kampung saat larangan mudik Lebaran 2021.

TIMES PANDEGLANG, JAKARTA – Sebuah video menunjukkan rombongan Presiden Jokowi yang diklaim pulang kampung di tengah larangan mudik Lebaran 2021 beredar di media sosial.

Video serta klaim tersebut beredar di media sosial Twitter yang dibagikan akun @FKadrun pada Sabtu, 8 Mei 2021 pukul 12.52 WIB.

Dalam video tersebut si perekam mengatakan  RI 1 pulang kampung.

Berikut narasi yang menyertai video:

Apa iya Jokowi pulang kampung??? Berarti... Yg mudik...( mau bilang serbu, ngga berani..)

cek fakta Jokowi Mudik Lebaran 2Sumber: Tangkapan layar Twitter

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, video beserta narasi yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi pulang kampung di tengah larangan mudik Lebaran 2021, tidak benar. 

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut adalah rombongan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur.

Terlihat dalam video tersebut, kendaraan berplat nomor L. Diketahui plat kendaraan bertanda L mencakup wilayah Kota Surabaya.

Dikutip dari Setkab RI, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur pada Kamis 6 Mei 2021.

Presiden RI Jokowi melakukan kunjungan kerja ke PPDI yang ada di PPN Brondong, didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi meninjau sarana dan prasarana PPDI di PPN Brondong, kemudian menyempatkan diri untuk berdialog secara khusus dengan para nelayan Pantura Lamongan,

Setelah dari PPN Brondong, Presiden RI Jokowi melanjutkan peninjauan ke pabrik pengolahan produk makanan laut, PT Bumi Menara Internusa (BMI) Lamongan. 

Selepas dari Lamongan, Presiden Jokowi bergerak menuju Kota Surabaya untuk mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya.

cek fakta Jokowi Mudik Lebaran 3Sumber: Bupati Lamongan Mendapat Pesan dari Presiden RI Jokowi | TIMES Indonesia

cek fakta Jokowi Mudik Lebaran 4Sumber: Ubah Sampah Jadi Listrik, Presiden RI Jokowi: Dua Jempol untuk Surabaya | TIMES Indonesia

Terkait dengan klaim Presiden Jokowi pulang kampung, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan ayahnya, Joko Widodo tidak mudik Lebaran 2021.

Hal tersebut disampaikan Gibran Rakabuming Raka pasca mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Nomor 067/115 tenten larangan mudik bagi warga ke Solo mulai 1 sampai 17 Mei 2021.

“Enggak, Bapak enggak mudik,” kata Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Rabu (21/4/2021).

cek fakta Jokowi Mudik Lebaran 5Sumber: Gibran Pastikan Jokowi Tak Mudik ke Solo Tahun Ini | CNN Indonesia

Mengutip dari detik.com, Lebaran 2021 merupakan kali kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mudik ke Solo, Jawa Tengah. 

"Memang nggak mudik kok. Seperti tahun lalu nggak mudik," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat dijumpai wartawan di Mapolresta Solo, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, acara halalbihalal keluarga pun akan dilaksanakan secara daring. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk menahan diri untuk melakukan mobilitas di masa pandemi Corona.

"Halalbihalalnya secara daring saja. Kita semua menahan diri," ujar dia.

Ditanya kemungkinan Jokowi mampir usai melakukan kunjungan kerja di kawasan Solo di masa larangan mudik, Gibran kembali menegaskan ayahnya tidak akan mudik.

"Nggak ada kunjungan kerja. Nggak (mudik)," ungkap dia.

cek fakta Jokowi Mudik Lebaran 6Sumber: Jokowi Tak Mudik Lagi, Gibran Bakal Halalbihalal Via Daring | Detik

KESIMPULAN

Berdasar hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim Presiden Jokowi pulang kampung di tengah larangan mudik Lebaran 2021 merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft,  klaim Presiden Jokowi pulang kampung di tengah larangan mudik Lebaran 2021 termasuk dalam kategori False context (konteks keliru). 

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pandeglang just now

Welcome to TIMES Pandeglang

TIMES Pandeglang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.