https://pandeglang.times.co.id/
Berita

Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H, KJRI Sydney Ajak Diaspora Perkuat Tali Silaturahmi

Jumat, 12 April 2024 - 17:00
Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H, KJRI Sydney Ajak Diaspora Perkuat Tali Silaturahmi Suasana akrab terlihat dalam halal bihalal Idul Fitri 1445H di KJRI Sydney (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES PANDEGLANG, AUSTRALIAKJRI Sydney menggelar halal bihalal dan silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah bersama masyarakat dan diaspora Indonesia di Wisma Indonesia, Sydney, Rabu (10/4/2024).

Di acara ini, Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana mengajak semua Pihak untuk mengesampingkan perbedaan yang ada.

Bulan Syawal, menurut dia, merupakan momen yang sangat baik untuk merekatkan persaudaraan antar sesama.

"Di bulan spesial ini, kita lupakan perbedaan-perbedaan. Kita cari kesamaan dan hal-hal positif yang menjadikan kita manusia yang lebih baik," katanya.

Halal-bi-Halal-KJRI-Sydney.jpg

Pak Vedi, sapaan akrab Konjen RI menyebut pesan utama dan terpenting dalam halal bihalal dan silaturahmi tersebut adalah memperkokoh persatuan, meski kita berada di negeri orang.

"Melupakan perbedaan dan fokus mencari persamaan, adalah kunci utama untuk memelihara persatuan dan saling menguatkan," ungkapnya.

Konjen Vedi juga menggunakan kesempatan tersebut untuk menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H dan mohon dibukakan pintu maaf.

Acara halal bihalal KJRI Sydney, selain dihadiri oleh seluruh staf KJRI, masyarakat dan diaspora Indonesia, dihadiri juga oleh mitra kerja KJRI, perwakilan negara sahabat khususnya negara ASEAN.

Halal-bi-Halal-KJRI-Sydney1.jpg

Hadir pula organisasi kemasyarakatan setempat di NSW antara lain Australia Indonesia Association (AIA) dan Darul Fatwa Australia.

Salah satu masyarakat Indonesia yang hadir dalam acara halal bihalal ini mengatakan bahwa tradisi wajib selama Lebaran di Sydney adalah tetap melaksanakan shalat Id bersama keluarga dan teman-teman.

"Alhamdulillah, KJRI Sydney kembali menyelenggarakan halal bihalal pada momen Idul Fitri kali ini dengan masyarakat dan diaspora Indonesia. jadi tentu tidak kami lewatkan," ungkapnya.

Sebagaimana perayaan Idul Fitri di tanah air, KJRI Sydney pada halal bihalal kali ini juga menyajikan berbagai kuliner khas Nusantara antara lain bakso, ketupat sayur, rendang dan opor ayam, sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di perantauan.

Halal-bi-Halal-KJRI-Sydney-a.jpg

Muhammad Atif, mahasiswa semestar akhir di Sydney jurusan Aviasi mengatakan bahwa hadir di tengah masyarakat Indonesia pada halal bihalal ini dirinya merasa seperti berada di tengahbkeluarga sendiri.

"Iya, interaksi kami sesama undangan sangat nyaman dan menyenangkan," ujarnya.

Acara halal bihalal di KJRI Sydney yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 16.00 AEST ini dihadiri kurang lebih 700 orang dan berlangsung dengan hangat dan penuh keakraban. (*) 

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pandeglang just now

Welcome to TIMES Pandeglang

TIMES Pandeglang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.