Gaya Hidup

Mobil Mogok di Tengah Jalan? Segera Lakukan 5 Hal Ini

Selasa, 12 Januari 2021 - 07:14
Mobil Mogok di Tengah Jalan? Segera Lakukan 5 Hal Ini ilustrasi - Mobil Mogok (FOTO: blibli.com)

TIMES PANDEGLANG, JAKARTAmobil mogok di tengah jalan adalah ketakutan setiap pengemudi. Apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh. Hal ini memang sering kali terjadi jika ada masalah pada mesin mobil.

Sebagai pengendara, alangkah baiknya mengetahui apa yang harus dilakukan saat mesin mobil mati seketika. Untuk itu, simak tips berikut ini:

1. Dorong Mobil ke Pinggir

Sebelum memulai pengecekan pada mesin, dorong mobil hingga ke tepi jalan. Ini penting untuk mengamankan kendaraan dan menjaga keselamatan bagi pengguna jalan. Anda juga bisa meminimalisir risiko kecelakaan seperti tertabrak dari belakang.

2. Nyalakan Lampu Hazard

Nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya saat mobil mogok di tengah jalan khususnya di malam hari. Lampu ini akan memberikan isyarat bagi pengendara lain di belakang bahwa mobil Anda sedang bermasalah.

3. Pasang Segitiga Pengaman

Dalam kondisi lalu lintas padat, pasang segitiga pengaman di bagian depan dan belakang mobil dengan jarak minimal empat meter dari tempat mobil berhenti. Jika lalu lintas sedang ramai lancar, jarak antara segitiga pengaman dan kendaraan minimal sekitar 10 meter. Dengan adanya segitiga pengaman, pengguna jalan lainnya akan lebih berhati-hati saat melintas. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa segitiga pengaman di bagasi mobil.

4. Periksa Lampu Indikator Hingga Ban

Simbol-simbol pada lampu indikator pada mobil bisa memberitahukan penyebab mobil mogok. Misalnya, jika suhu radiator terlalu tinggi atau saat bahan bakar habis. Apabila masalah tidak ada pada indikator, lakukan pengecekan pada mobil mulai dari ban, radiator, hingga aki. Untuk ban bermasalah bisa diatasi dengan menggunakan ban cadangan.

5. Hubungi Jasa Derek

Segera hubungi jasa derek apabila kesulitan mengatasi mobil mogok sendiri. Misalnya, layanan t rex (Tugu Real Experience). Layanan bantuan derek 24 jam ini merupakan bagian dari asuransi kendaraan t drive dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance). Mengingat t rex bisa sangat diandalkan dalam kondisi darurat seperti ban bocor, mogok sampai kecelakaan.

Sebagai tambahan, jangan lupa hubungi keluarga di rumah dan informasikan kepada mereka bahwa kamu terlambat pulang karena mobil mogok di tengah jalan. Sehingga mereka tidak khawatir. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pandeglang just now

Welcome to TIMES Pandeglang

TIMES Pandeglang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.